Pages

Wednesday, May 26, 2010

Aljabar : Grup dan Subgrup --part 3--

Photobucket

Setelah di blog sebelumnya telah saya jelaskan mengenai apa itu grup, pembuktian dan contohnya. Sekarang, kita menginjak ke bentuk spesialdari suatu grup. Bentuk spesial yang paling terkenal dan paling dikenal salah satunya adalah grup yang "Abelian" atau "Komutatif". Bentuk grup seperti ini akan sangat sering digunakan pada pembahasan-pembahasan selanjutnya, karena bisa dibilang sifat komutatif juga merupakan sifat yang sangat penting dalam aljabar.

Langsung saja, jika suatu himpunan G telah terbukti grup, selanjutnya akan dibuktikan bahwa himpunan tersebut komutatif terhadap operasi hitung (*). Ambil dua elemen dari himpunan G, anggap saja a dan b. Selanjutnya dilakuakn operasi a*b dan dibuktikan apakah sama dengan b*a. Jika terbukti a*b=b*a, maka terbukti bahwa himpunan tersebut komutatif terhadap operasi hitung (*).

Cukup mudah bukan?!

Untuk contohnya... maaf, saya sedang tidak mood mencari contoh saat ini... ungkin postingan ini akan saya update nanti dengan contohnya.... saya ucapkan mohon maaf sekali lagi.....

Semoga postingan kali ini berkenan dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.....

0 comments:

Post a Comment